DuniaJilbab

DuniaJilbab

Saturday, 22 August 2015

Ketika Banyak Orang Mengalami Kegemukan dan Ketidakidealan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah menyebutkan generasi terbaik yakni generasi beliau, kemudian generasi sesudahnya, dan generasi sesudahnya lagi. Lalu setelah itu beliau menyebutkan sebuah zaman yang dipenuhi kejelekan. Salah satu tandanya adalah banyak orang kegemukan.

Beliau bersabda:

خَيْرُكُمْ قَرْنِى ، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ . قَالَ عِمْرَانُ لاَ أَدْرِى أَذَكَرَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – بَعْدُ قَرْنَيْنِ أَوْ ثَلاَثَةً . قَالَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِنَّ بَعْدَكُمْ قَوْمًا يَخُونُونَ وَلاَ يُؤْتَمَنُونَ ، وَيَشْهَدُونَ ، وَلاَ يُسْتَشْهَدُونَ وَيَنْذِرُونَ وَلاَ يَفُونَ ، وَيَظْهَرُ فِيهِمُ السِّمَنُ

“Umat terbaik di antara kalian adalah pada generasiku ini, kemudian generasi sesudahnya, kemudian generasi sesudahnya lagi.” Imran (Imran bin Hushain, sahabat yang meriwayatkan hadits ini) mengatakan, aku tidak ingat apakah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan dua generasi setelahnya atau tiga generasi. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melanjutkan sabdanya: “Sesungguhnya setelah generasi kalian nanti akan muncul suatu kaum yang berkhianat dan tidak dapat dipercaya, mereka memberi kesaksian tetapi tidak dapat dipertanggungjawabkan kesaksiannya, mereka bernadzar tapi mengingkarinya, dan pada zaman itu banyak orang yang mengalami kegemukan” (HR. Al Bukhari)

Dalam hadits ini hanya disebutkan bahwa pada zaman tersebut banyak sekali orang mengalami kegemukan. Tidak secara tegas dikatakan bahwa kegemukan itu jelek sebagaimana jeleknya khianat, kesaksian palsu dan mengingkari nadzar.

Namun yang perlu kita renungkan, segala sesuatu yang berlebih-lebihan merupakan hal yang tidak baik. Gemuk itu baik, tapi kalau sudah kegemukan, menjadi tidak baik. Setidaknya dari segi kesehatan.

Di zaman sahabat juga ada orang yang kegemukan, namun jumlahnya tidak banyak. Salah satunya pernah bertemu dengan Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu.

“Mengapa perutmu besar seperti ini?”, tanya Umar bin Khattab sewaktu berpapasan dengannya di sebuah jalan.

pelangsing herbal alami halal

“Ini adalah karunia dari Allah,” jawab orang itu.

“Ini bukan barakah , tapi azab dari Allah!” tegas Umar, “Hai sekalian manusia, hindarilah perut yang besar. Sebab itu membuat kalian malas menunaikan shalat, merusak organ tu

buh dan menimbulkan banyak penyakit. Makanlah secukupnya. Agar kalian semangat menunaikan shalat, terhindar dari sifat boros, dan lebih giat beribadah kepada Allah.”

Yuk Ukhti, ikutan program 30 hari MENUJU BADAN IDEAL, yaitu:

Melangsingkan berat badan 5-15 KG
Menaikan Tinggi Badan 3-15 CM (Bukan merubah bentuk, melainkan merangsang hormon pertumbuhan ukhti)
Menggemukan badan 3-8 KG
Perawatan kulit wajah agar bebas dari JERAWAT, FLEK, KUSAM, KOMEDO
Obat Patah Tulang (Review lebih lengkapnya Dije paparkan di bawah, silakan ukhti scroll)
Silahkan KONSULTASI dulu dengan konsultan produk kami, GRATIS :

Klik: @stt5458f (klik via android/ iphone, maka akan redirect ke LINE) – Bila ingin add manual via LINE, buka menu add friend -> lalu masukkan: @stt5458f (Jangan lupa menggunakan “@”)

atau invite:

Pin BBM  : 5894B9C1
SMS          : 08990236068

Instagram : @solusisehatherbal

Program ini akan dibimbing sampai ukhti BERHASIL!!

Sumber: Ketika Orang Kegemukan

Saturday, 25 July 2015

Alhamdulillah Perjuangan Berhijab

Assalamualaikum wr.wb

Saya akan menceritakan awal mula memakai hijab.
Awal mula ingin menggunakan hijab banyak baget cobaannya. Cobaan pertama yaitu karena saya masih muda pasti ya fashion.. sebelum menggunakan hijab mikirnya, nanti kalo pake hijab pasti ribet. Baju harus panjang dan gaboleh ketat. Gabisa gaya-gaya lagi. Nanti rambut ketutupan jadi jeleklah, panas, ga modis banget.
Cobaan kedua yaitu teman-teman.. Dulu takut banget dikata-katain "tobat lo?" "Udah sadar?" "Ah sok alim". Terus juga banyak yang bilang udah kaya "bu hj" terus "ibu-ibu pengajian" "Ah gak pantes lo"

Banyak banget cobaannya untuk menutup aurat. Sampai saya harus nanya-nanya dulu keguru agama, ustadz. Wajibkah menggunakan hijab? . Jawaban yang saya dapat semua "sama" yaitu "wajib". Saya semakin bingung dan kepikiran "ini perintah Allah masa saya mau langgar?"

Tapi pas liat teman-teman di sekolah pakai hijab, melihatnya cantik banget, mereka simple banget. Ada niat untuk memakai hijab. Tapi ya karna kebanyakan keraguan dan mikir, saya jadi ga ada niat lagi waktu itu pakai hijab. Tapi terkadang keinginan itu selalu datang lagi ke saya.

Saat mau benar-benar ada niatan mau pake hijab, izin dulu ke mama. Tapi mama tidak mengizinkan:( . Betapa sedihnya hati saya ini. Ketika niat sudah ada untuk memakai hijab malah tidak boleh.
Alasan terbesar mama melarang saya memakai hijab karena Ayah saya nonmuslim. Itulah penyebab utama yang bikin hati saya hancur. Saat itu saya merasa marah dan tidak akan mau lagi ada niat memakai hijab.
kisah hijrah, lebih baik panas di dunia daripada terbakar api neraka
kisah hijrahku
Waktu pun berjalan saya semakin dewasa. Saya dekat dengan seseorang, ketika itu orang tuanya tidak setuju dia dekat dengan saya dikarenakan saya tidak memakai "hijab". Hati tambah sedih masa gara-gara gak pake hijab aja saya tidak boleh dekat sama anaknya?.
Dari awal situ lah saya berfikir untuk memakai hijab lagi. Mungkin Allah telah mendatangkan saya hidayah untuk memakai hijab dari orang tersebut. Saya sangat bersyukur Allah masih menyadarkan saya untuk menggunakan hijab.
Ketika sudah mantap ingin memakai hijab dan tidak ada pikiran negative-negative lagi cobaan yang sangat berat datang lagi. Mama bertanya kepada saya "gimana dengan Ayah? Nanti dia pasti akan marah". Bukan main sedihnya hati saya, bukan hancur lagi rasanya. Ingin beriman kepada Allah susah banget. Tapi karena niat saya sudah kuat Alhamdulillah saya nekat pakai hijab. Tidak perduli orang mau bilang apa yang penting saya mau baik dimata Allah saya mau di jalan Allah, cuma itu mikirnya waktu itu. Akan tetapi pada akhirnya semua orang mendukung, banyak yang tersenyum mengakatakan "alhamdulillah" . Tapi sayangnya saya tidak bisa memakai hijab didepan Ayah saya :(, karena Ayah seorang non muslim pasti banyak rintangannya dan sangat berat rintangannya.
Coba difikir betapa sedih hati saya mau menggunakan hijab, saya dari rumah tidak menggunakan hijab karena takut ayah marah tapi pada saat sudah agak jauh dari rumah, saya berberhenti sebentar di jalan hanya untuk menggunakan hijab. Sulit sekali rasanya untuk beriman di jalan Allah. Jadi beliau tidak pernah tau kalo saya memakai jilbab dan seorang muslim..

Jika sudah kepergok menggunakan hijab bertemu di jalan atau ingin berangkat sekolah saya cuma punya alasan "untuk menutupi panas" Alhamdulillah Allah melindungi saya dan beliau percaya. Sedih pasti jika ingin pulang kerumah harus buka hijab terlebih dahulu beberapa meter dari rumah. Atau di ajak pergi dengan beliau saya harus melepas hijab saya.
Sempat selalu berpikir kenapa saya untuk memakai hijab saja harus sulit seperti ini? Harus lepas di jalan pakai di jalan, malu rasanya kalo orang lain melirik aneh ke saya, dan mikir juga kenapa yang keluarganya lengkap muslim pada tidak mau pakai hijab. Kenapa saya begini susah banget...Tetapi dengan keadaan seperti ini saya bersyukur kepada Allah mungkin ini memang sudah takdir yang Allah berikan kepada saya untuk terus berjuang berada di Jalan-Nya dan tidak seenak-enaknya hidup.

Dan sampai saat ini pun saya harus masih memakai hijab di jalan dan ngumpet-ngumpet. Tapi ini adalah sebuah perjuangan hidup .
Waalaikumsalam wr.wb


Aku memulai Hijrah ku

Assalamu'alaikum wr.wb :)
Hai ukhti!! ^-^
Nama ana Yuni. ana mau berbagi kisah ana Yg sedang mulai berhijrah ... alhamdullilah sekarang ana udh mulai belajar berhijrah dan mau mencoba memperbaiki semua nya dri awal ana mulai menutup aurat dengan pakaian syar'i.. Ana Merasa lebih baik dan merasa terlindungi :) ..
Banyak orang yg mencemooh saya .."Yun lu udh mulai berubah yee sok alim dah lu " tapi ana tetap sabar dan istiqomah ini lah kewajiban ana sebagai seorang muslimah wajib menutup aurat :) dari ujung kaki sampai kepala.. Ana mulai berhijrah itu karena setelah ana mulai mendalami agama islam di bulan ramadhan thn ini alhamdullilah Bulan ramadhan thn ini memberi banyak hidayah untuk ana :)
melindungi aurat
wanita solehah, lindungi aurat
Sungguh luar biasa !! Alhamdullilah Hati ana luluh dan mau berhijrah untuk menjadi muslimah yg lebih baik :) Detik ini ana memulai petualangan ana menjadi wanita muslimah yg sesungguh nya in shaa allah Ana tetap istiqomah dan selalu Menjadi wanita muslimah yg Baik Aamiin ...

Tuesday, 30 June 2015

Testimonial buku KDKD dan GJM oleh ukhti Riyastinisy

Oleh ukhti : @riyastinisy

Ampuni aku, ya Allah. Ampuni aku karena sampai detik ini aku masih menyimpan cinta untuk salah satu hamba-Mu yang jauh di sana. Jika memang rasa cinta ini membuatku jauh dari-Mu, maka hilangkanlah. Kumohon pertemukan aku dengan orang yang mencintai-Mu di atas segalanya yang mencintaiku kerena-Mu yang kucintai karena-Mu.

Sudah berapa kali aku jatuh cinta dan pada saat yang bersamaan aku jadi melupakan-Mu, menempatkan-Mu di nomor kesekian entah nomor berapa. Ya Allah sesungguhnya aku meninggalkan dia karena ingin semakin dekat dengan-Mu ya Allah ampuni aku jika keputusanku memutuskan tali silaturahim dengannya.


#kutinggalkandiakarenaDIA
#guejomblomasbuloh

buat ukhti yang mengalami kesulitan menemukan di toko buku, karena stok yang cepat habis, atau pun belum tersedia silakan menghubungi cs buku GJM di:
089698904897 via whatsapp/ sms yaa ^^. Pembelian buku pada nomor tersebut akan mendapatkan edisi tanda tangan dije.

Tuesday, 21 April 2015

Official website duniajilbab

Assalamualaikum sahabat dijers.. Alhamdulillah, official website duniajilbab telah rampung. Website ini berbasis kontribusi, ukhti bisa register dan mengisi konten/ berbagi kisah inspirasi hijrah ukhti di sini.
Visit official website duniajilbab : www.duniajilbab.co.id 


Lalu bagikan inspirasi hijrah ukhti. Sebarkan kebaikan pada dunia. Jadilah inspirasi kebaikan dunia. :)

Official website duniajilbab

Saturday, 4 April 2015

Monday, 30 March 2015

Sederhana Dalam Sikap dan Hijab

Sederhana Dalam Sikap dan Hijab

Hijab itu kemuliaan,
karena dengannya engkau akan berusaha menyetarakan akhlak dan sikap sebagaimana mestinya seorang muslimah.


Hijab itu kewajiban,
karena perintah berhijab Allah langsung yang menurunkannya.
Bukan suruhan ayah kepada anak.
Bukan suruhan suami kepada istri.
Bukan suruhan kakak kepada adik.
.
Hijab itu perlindungan,
karena akan menjauhkan dirimu dari segala sesuatu yang mengedepankan nafsu. Memungkinkan diri dicintai karena ketaqwaan dan keimanan kepada Tuhan.
.
Hijab itu pembuktian cinta,
cinta dari Allah kepada umatNya.
Cinta dari hamba kepada Tuhannya.
.
Hijab akan mengantarkanmu kepada jenjang ketaatan yang semakin meningkat.
Hijab akan mengantarkanmu kepada jenjang cinta yang semakin hakiki, cinta pada Illahi Rabbi.
.
Mengaku cinta pada Allah dan Rasulullah?
#yukberhijab sesuai syariat.
Percayalah, engkau akan jatuh cinta pada pandangan pertama ketika melihat dirimu sendiri berbalut gamis longgar dan hijab besar.
.
Barakallahu fiikum
.
Kontribusi oleh : @kinantisetiawan  #duniajilbab

Sederhana Dalam Sikap dan Hijab

Saturday, 21 March 2015

Kutinggalkan dia Karena DIA

Jodoh memang rahasia Allah. Dan untuk mendapatkan jodoh terbaik, tidak harus melalui proses pacaran, kok. Lho, memangnya bisa?

Pacaran dapat diartikan sebagai jalinan hubungan cinta antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahrom. Pacaran sering kali dianggap sebagai persiapan atau pendekatan sebelum memasuki jenjang pernikahan. Padahal, di dalam Islam tidak ada yang namanya pacaran. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Isra’ : 32.


“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan seburuk-buruk jalan.”

Jadi, tidak ada alasan untuk membenarkan pacaran. Apalagi dengan alasan “pendalaman sebelum pernikahan”. Pacaran akan mengarahkan pelakunya kepada dosa dan maksiat. Kalau sudah begitu, lambat laun kita akan menjadi kaum yang merugi.

Lalu bagaimana caranya agar kita dapat menjauhi zina?

Jadilah jomblo mulia.

Menjadi jomblo memang terlihat seperti menyedihkan. Tetapi jika tujuannya untuk melindungi diri sambil mencintai Allah, apakah masih terlihat menyedihkan?


Untuk itu, Islam memberi petunjuk untuk menjadi seorang jomblo mulia. Apa saja?

- Setiap muslim harus menjaga pandangan matanya dari melihat lawan jenis secara bebas
- Setiap muslim harus menjaga auratnya dengan cara berbusana syar’I, terutama bagi muslimah
- Jauhkan diri dari segala hal yang mendekatkan diri kepada zina
- Jauhkan diri dari berkata-kata yang dapat menimbulkan percik maksiat
- Hindarilah sentuhan kulit dengan lawan jenis, termasuk berjabat tangan
- Jauhkan diri dari ikhtilat atau berbaurnya laki-laki dan wanita dalam satu tempat.

Dengan menjalani petunjuk-petunjuk tersebut, insya Allah kita akan terhindar dari dosa dan pintu surga sudah menanti di sana. Jodoh adalah janji Allah yang sudah pasti. Jadi, datang dan serahkan semuanya pada Allah. Dengan ridho dan izin-Nya, jodoh terbaik pasti akan segera datang; entah dengan cara bagaimana, kapan, dan di mana pun.

Menjadi jomblo mulia? Mengapa tidak mungkin?

Kumpulan kisah inspiratif mengenai jomblo mulia bisa kamu temukan dalam buku Kutinggalkan Dia karena DIA, alias KDKD dari @duniajilbab.

Pengorderan bisa dilakukan melalui distributor resmi @duniajilbab di Nomor resmi:

08981939483 .


(Nomor resmi ini bisa ukhti temukan di sosial media @duniajilbab )

Sunday, 8 March 2015

Pesan Untuk Para Suami dan Calon Suami

Pesan Untuk Para Suami dan Calon Suami :: #ArasyCinta l oleh: @teladan.rasul
.
SUAMI terindah di mata ISTRI nya bukanlah yang paling tampan, melainkan yang bisa membuatnya merasa tercantik didunia
SUAMI tergagah di hati ISTRI nya bukanlah yang paling kekar ototnya, melainkan yang mampu mendengarkan, memahami, & mengerti curahan hatinya
SUAMI terkaya bagi ISTRI nya bukanlah yang terbanyak hartanya. Melainkan dia yang pandai bersyukur & mengungkapkan terimakasih Kepada NYA„ .
.
SUAMI tershalih bagi ISTRI nya bukan sekedar yang banyak ilmu agama & rajin ibadahnya,melainkan juga yg paling mulia akhlaqnya„ .
.
SUAMI paling hebat bagi ISTRI nya bukanlah yang mampu membelikan apapun untuknya, melainkan yang senyum & airmatanya selalu setia bersamanya.

SUAMI tercinta bagi ISTRI nya adalah dia yang prasangka tak mengalahkan akalnya,dan yang kekesalan tak mengalahkan kemaafannya„ Wanita itu merindukan suami yang suka bilang “i love you” tapi juga mampu membelikan anaknya susu„ .
Wanita itu senang punya suami yang sukses karirnya. Namun tetap memprioritaskan keluarganya„ .
Wanita itu senang dengan suami yang banyak amanahnya,namun tak hilang romantisnya„ Wanita itu rindu dengan suami yang mencintai dirinya. Namun tetap menomorsatukan Rabbnya„ #ArasyCinta.
.
Semoga, engkau lelaki menjadi suami yg hebat untuk istri dan keluargamu.
.
Dan semoga engkau wanita, diberi anugerah suami yg baik agamanya dan mulia akhlaknya.
Pesan Untuk Para Suami dan Calon Suami

Saturday, 7 March 2015

Sabar Tanpa Batas

Sabar Tanpa Batas

- SABAR ITU:
Sabar ialah tabah hati tanpa mengeluh dalam menghadapi cobaan dan rintangan, dalam jangka waktu tertentu, dalam rangka mencapai tujuan. Islam mengajarkan bersabar itu indah.Sepanjang kehidupan kita, ujian dan cobaan datang silih berganti karena makna kehidupan itu sendiri adalah bagaimana menghadapi semua cobaan dan ujian hidup. Sebaliknya orang tak beriman selalu tak beruntung, ketika memperoleh nikmat ia lupa diri dan ketika menghadapi kesulitan berat ia lupa ingatan.

Sabar Tanpa Batas
Dalam kehidupan sebagaimana mahluk beragama ,pasti tahu bahwa bersabar itu indah. *Pertama: tahan ketika menghadapi hantaman pertama. Rasulullah pernah bersabda, Innamassabru indassad matil uulaa. Artinya:Sabar yang sesungguhnya ialah ketika menghadapi hantaman pertama. *Kedua: ketika ditimpa musibah, segera mengingat Allah dan mohon ampunannya. Firman Allah, ‘(Orang-orang yang sabar ialah) mereka yang ketika ditimpa musibah, berkata, ‘sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Nya.’ (al Baqarah: 156). *Ketiga: tidak menampakkan musibahnya kepada orang lain, seperti yang dicontohkan oleh istri Abu Talkhah (Ummu Sulaim) ketika ditinggal mati anaknya. (dikisahkan dalam hadis Riwayat Muslim). *Keempat: sabar menghadapi semua cobaan dengan ikhlas kepada Allah. Allah berfirman dalam hadis Qudsy, ‘HambaKu yang mukmin, yang bersabar dengan pasrah kepadaKu ketika kekasihnya Aku panggil kembali (mati), kepadanya tak ada balasan yang layak dari Ku selain surga.’ (HR. Bukhari). | Sabar Tanpa Batas.
Kontribusi oleh: @saviragelita
#sabar #sabartanpabatas #Allahalwayswithme #Allahknowsbest #AllahduluAllahlagiAllahterus #istiqomah #muhasabah #muslim #Muslimah #dakwah #insyaAllah #Jannah #duniajilbab | Sabar Tanpa Batas

Friday, 6 March 2015

Muslim Yang Baik Tidak Pacaran

Pacaran.

Lelaki baik tdk akan pernah mengajak PACARAN. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu:“Telah ditulis bagi setiap Bani Adam bagiannya dari zina, pasti dia akan melakukannya, kedua mata zinanya adalah memandang, kedua telinga zinanya adalah mendengar, lidah(lisan) zinanya adalah berbicara, tangan zinanya adalah memegang, kaki zinanya adalah melangkah, sementara kalbu berkeinginan dan berangan-angan, maka kemaluan lah yang membenarkan atau mendustakan.”


“Demi Allah, sungguh jika kepala salah seorang dari kalian ditusuk dengan jarum dari besi, maka itu lebih baik dari menyentuh wanita yang tidak halal baginya.” (HR. Ath-Thabarani dan Al-Baihaqi).

Have a good day, ukhti. Stop pacaran. ^^ Karena Muslim yang baik tidak pacaran

Wednesday, 4 March 2015

Menanti Imam Masa Depan yang telah Allah Takdirkan di Lauhul Mahfudz

Aku, wanita yang sedang menanti imam yang telah Allah tulis dan takdirkan di Lauhul Mahfudzku.
Kolaborasi oleh: @kinantisetiawan & @duniajilbab
Aku, wanita yang sedang menanti dan mempersiapkan diri untuk jadi yang terbaik untuk jodohku nanti.
.
Aku, wanita yang menginginkan kita saling tolong menolong menuju jannahnya agar cinta ini tak hanya ada di dunia tapi juga disyurga.
.
Aku wanita yang sedang memantaskan diri agar kita dapat mewujudkan syurga di rumah kecil kita kelak.
.
Aku, wanita dalam penantian.

Saturday, 28 February 2015

Hidayah Milik Allah

Renungan malam.
Sahabat..
Siapa sangka dia yang kemarin masih enggan menutup aurat namun sekarang hijabnya sudah sempurna.

Siapa sangka dia yang kemarin sering membicarakan keburukan orang namun sekarang sudah menjaga lisannya.
.
Siapa sangka dia yang kemarin pergi berdua dengan yang bukan mahramnya namun sekarang ia menjaga kesuciannya.
.
Sahabat.
Hidayah itu milik Allah.
.
Jangan hakimi seseorang karena masa lalunya.
.
Mungkin masa lalu mereka memang buruk, namun dukunglah dia untuk selalu berada di jalan lurus.
.
Hargailah proses hijrah seseorang.
.
Dia sedang berhijrah ikhlas karena Allah, dia sedang berusaha memperbaiki diri karena Allah.
.
Hargailah mereka yang sedang berhijrah. Sesungguhnya hidayah itu milik Allah. .
Ukhti fillah..
Jemputlah hidayah itu, jangan kau tunggu.
Kontribusi oleh: @febryanarinda
Umur siapa yang tau bukan? Jemputlah hidayah selagi masih diberi kesempatan untuk memperbaiki diri. ^^ #duniajilbab

Tuesday, 24 February 2015

Rambut Rontok, Aurat ?

Mengenai Rambut Rontok, Auratkah ?

Soal:

Apakah rambut rontok wanita termasuk aurat?



Jawab:

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, amma ba’du,

Ada kaidah terkait anggoda badan manusia. Kaidah itu menyatakan,

ما وجب ستره قبل الانفصال، يجب ستره بعد الانفصال

“Anggota badan yang wajib ditutupi sebelum lepas dari badan, dia wajib ditutupi setelah lepas dari badan”.

Kaidah ini disebutkan oleh Dr. Ahmad al-Hajji – anggota Majlis Ulama Kuwait dan dewan pengawas Ensiklopedi Fiqh Kuwait – ketika beliau ditanya tentang hukum rambut rontok bagi wanita.

Diantara dalil yang menguatkan kaidah ini, status manusia setelah meninggal, sama dengan statusnya ketika masih hidup. Karena itu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut dosa mematahkan tulang mayit sama dengan dosa mematahkan tulang ketika dia hidup. Beliau bersabda,

كَسْرُ عَظْمِ الْمَيِّتِ كَكَسْرِهِ حَيًّا

“Mematahkan tulang mayit sama dengan mematahan tulangnya ketika masih hidup. (HR. Abu Daud 3207, Ibn Majah 1617 dan dishahihkan an-Nawawi).

Bagaimana Cara Penanganan yang Tepat?

Dr. Ahmad al-Hajji menjelaskan,

من السنة دفن كل جزء ينفصل عن الآدمي، ومن ذلك الأظفار والشعر والجلد، تكريما له سوى الأقذار. مع العلم أن ما وجب ستره قبل الانفصال، يجب ستره بعد الانفصال، كشعر المرأة فهو عورة قبل فصله عن جسدها وبعده، ولهذا يجب ستره عن الأجانب بعد فصله عنها، كما هو الحال قبل فصله، فلا بد من مراعاة ذلك.

“Bagian dari sunah, mengubur semua bagian yang terpisah dari jasad manusia, seperti kuku, rambut, atau kulit. Sebagai bentuk memuliakan manusia. Kecuali kotoran.

Kemudian perlu diketahui bahwa anggota badan yang wajib ditutupi ketika belum lepas, dia wajib ditutupi setelah lepas.

Sebagai contoh, rambut wanita. Sebelum lepas dari kepala pemiliknya, termasuk aurat. Demikian pula setelah lepas dari pemiliknya. Karena itu, ketika rontok atau dipotong, harus dijauhkan dari pandangan lelaki yang bukan mahram. Sebagaimana ketika belum dipotong. Harus diperhatikan hal ini”. (Sumber: http://www.islamic-fatwa.com/fatawa/index.php?module=fatwa&id=35159)

Allahu a’lam.



Penulis: Ustadz Ammi Nur Baits

Dipublikasikan oleh: www.duniajilbabindonesia.blogspot.com

Mengenai Rambut Rontok, Auratkah ?

Tag penelusuran: rambut rontok aurat, rambut rontok aurat, rambut wanita rontok aurat, rambut aurat, aurat wanita.

Sunday, 8 February 2015

Wanita Berjilbab terlihat menarik bagi pria karena...

Berikut ini alasan yang dikemukakan para pria mengenai alasan yang membuat mereka menggemari wanita berjilbab. Alasan-alasan tersebut diantaranya:


  1. Wanita berjilbab adalah pribadi yang tidak egois karena menjaga pandangan kami, para pria. Pria sebagai mahkluk visual tentu sering menghadapi ujian saat dihadapkan dengan perilaku fashion wanita yang cenderung terbuka dan tidak memperdulikan pandangan kaum pria, atau bahkan yang lebih memprihatinkan adalah sengaja mengundang pandangan dan syahwat kaum pria.
  2. Kecantikan yang nyata tidak perlu diumbar, karna bisa terasa nyata dari yang terpancar dari dalam hati. Dikenal juga dengan sebutan inner beauty. Balutan kain lembut itu tidak bisa menyembunyikan kelembutan, kesolehan dan pesona kecantikan perempuan yang mengenakannya.
  3. Wanita berjilbab memiliki keteguhan hati yang tidak bisa ditawar lagi. Nilai sebuah integritas bisa dinilai dari wanita yang telah teguh memutuskan untuk berjilbab dan tak pernah melepaskan jilbabnya lagi.
  4. Kecantikan yang tersembunyi kerapkali menimbulkan rasa penasaran.
    Mungkin kesan ini juga tercipta karena beberapa wanita berjilbab kerapkali membatasi dirinya dalam pergaulan, sehingga membuat kaum adam penasaran. Bagi pria sejati, penasaran disi tentunya bisa diartikan: rasa penasaran untuk lebih dekat dan menikahinya, tentunya. hehehe
  5. Tanpa banyak kata, wanita berjilbab seolah mengajarkan pada kaum pria, agar lebih peka.. bahwa muslimah berjilbab salah satunya untuk menjaga penampilan agar bebas dari cela. Pria yang baik akan berusaha menjaga pandangan namun merasa bertanggung jawab untuk memberitahu apabila ada beberapa helai rambut yang keluar dari jilbab.
Itu adalah beberapa hal dari masih banyak hal lagi yang membuat kaum pria penasaran dengan wanita berjilbab. Para ikhwan punya alasan lain? Silakan tuangkan di kolom komentar ya.. :p

Thursday, 22 January 2015

Cuma kamu yang berjilbab yang mengerti dilema ini!

Mengenakan jilbab pada jaman sekarang sudah bukan menjadi hal yang tak asing dalam kehidupan kita sehari-hari. buat kamu yang udah menggunakan jilbab sehari-hari, pasti tak asing lagi dengan hal hal yang sering dialami oleh mereka yang menggunakan jilbab.

buat para cowok, kalian akan memahami bagaimana rasanya menjadi wanita yang menggunakan jilbab.


1. Setiap pagi, kamu harus bangun dengan pertanyaan: Hari ini pake jilbab motif apa ya? Pake jilbab warna apa ya? 


2. Kalau kamu gak punya jilbab yang serasi dengan warna bajumu di hari itu, rasanya pasti bete deh.. :p

3. Cewe lain boleh sering mengalami kehilangan iket rambut, tapi bagimu, peniti adalah pelengkap jilbab yang paling sering hilang atau membuatmu sibuk mencarinya entah ke mana. 

4. Saat kamu habis keramas, rambut belum kering, dan udah diajak pergi sama teman, rasanya tuh:

5. Waktu sesuatu tumpah ke jilbab warna terang, rasanya kamu pengen teriak sekencang-kencangnya.

6. Rasanya pasti bete pas udah pake jilbab cantik-cantik, lalu harus mengenakan helm. -.-" Sabar yah!

7. Kalau mau ke undangan atau acara resmi, mencocokkan padanan jilbabnya pasti dari jauh-jauh hari, bahkan seminggu sebelumnya. :)).

8. Kamu terkadang berharap penampilanmu bakal sesempurna hijabers anggun seperti Dian Pelangi.

9. Peniti sering dengan polosnya stuck di jilbab kesukaanmu.


10. Saat cewe lain digodain dengan siulan, kamu digodain dengan salam: "Assalamualaikum". Enak kan?

Jadi, tunggu apa lagi? Sekarang adalah saat yang tepat buat kamu untuk segera berhijrah. Sebelum dibalut kain kafan loh, ukhti.. :p.

Sponsor: Kado Unik



Sunday, 11 January 2015

20 Golongan Yang Dilaknat Allah

20 Golongan Yang Dilaknat Allah

1. Orang yang makan riba
-          Dari Abdullah berkata Rasulullah telah melaknat orang yang makan riba dan yang memberi makan riba (HR. Darami)
-          Dari Abdullah ibnu Mas’ud dari ayahnya telah berkata: Rasulullah telah melaknat orang yang makan riba, yang memberi makan riba, yang menjadi saksi dan yang mencatat riba.(HR. Abu Dawud)



2. Orang yang menyerupai lawan jenis
-          Dari Ibnu Abbas sesungguhnya Nabi SAW melaknat laki-laki yang bertingkah laku seperti perempuan dan perempuan yang  bertingkah laku seperti laki-laki. Dan Beliau berkata : usirlah mereka dari rumah-rumahmu. Dia (Ibnu Abbas) berkata: Rasulullah pernah mengusir fulan dan Umar juga pernah mengusir fulan atau fulanah. Abdullah berkata: saya ragu (fulan atau fulanah) (HR. Darami)
-          Dari Abu Hurairah sesungguhnya Rasulullah SAW melaknat perempuan yang menyerupai laki-laki dan laki-laki yang menyerupai perempuan (HR. Ibnu majah)
-          Dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah melaknat laki-laki yang memakai pakaian perempuan dan perempuan yang memakai pakaian laki-laki. (HR. Abu Dawud)

3. Istri yang menolak ajakan suami
-          Dari Abu Hurairah RA dari Nabi SAW, Beliau bersabda: Apabila seorang istri tidur menjauhkan diri dari suami, maka malaikat melaknatnya sehingga dia  kembali (pada suaminya). (HR Darami)
-          Dari Abu Hurairah dari Nabi SAW, Beliau bersabda “Apabila seorang suami mengajak tidur istrinya, dan si istri enggan tak mau melayaninya lalu suami tidur dalam keadaan kecewa, maka Allah melaknatnya hingga datang waktu subuh”  (HR. Abu Dawud)

4. Orang yang muhallil
-          Dari Ali berkata: Rasulullah melaknat muhallil dan muhallal lah. (HR. Ibnu. Majah)

5. Wanita yang mengikir gigi
-          Dari ibnu Umar dari Nabi SAW sesungguhnya Beliau melaknat wanita yang  menyambung rambut, yang minta disambungkan rambutnya, yang mengikir gigi (pangur) dan minta yang minta dikikir giginya. (HR. Ibnu Majah)
-          Dari Abdullah ra sesungguhnya Dia (Abdullah) berkata: ini hadits hasan shohih dan diriwayatkan Syu’bah. (HR. Tirmidzi)
-          Dari Ibrahim berkata: Abdullah berkata: Allah melaknat wanita yang membuat tahi lalat, yang mencukur alis dan yang mengikir gigi (pangur). Ingatlah aku melaknat orang yang telah dilaknat Rosulullah SAW. (HR. Nasa’I)
-          Dari Abdullah berkata: Rasulullah SAW melaknat wanita yang membuat tahi lalat, yang minta dibuatkan tahi lalat, dan yang mencukur alisnya demi keindahan (yang semuanya) merubah ciptaan Allah Azza wajalla. (HR. Nasa’I)

6. Istri yang ingkar pada suami
-          Dari Abdullah bin Umar dari Rasulullah SAW: sesungguhnya Beliau bersabda:” Wahai para wanita bersedekahlah dan perbanyaklah istighfar. Sesungguhnya aku melihat kalianlah yang terbanyak di antara ahli Neraka. Maka berkatalah seorang wanita fasih di antara mereka: “ kenapa kami kebanyakan ahli neraka ya Rasulullah ? beliau menjawab: kalian banyak mencerca orang dan ingkar pada suami. Saya tidak melihat di antara orang-orang yang kurang akal dan agamanya yang lebih merusakkan hati selain dari kamu sekalian. Dia bertanya: Ya Rosulullah kurang bagaimanakah akal dan agama kami ??? Jawab Nabi” Adapun kurangnya akal karena kesaksian dua orang perempuan sebanding dengan seorang laki-laki, maka ini termasuk (bukti) kurangnya akal.  Dan diamnya dia pada beberapa malam sedang ia tidak sholat dan ia tidak berpuasa ramadlan adalah bukti kurangnya agama. (HR. Bukhori)

7. Orang yang bunuh diri
-          Dari Tsabit bin dlohak sesungguhnya Rasulullah bersabda: melaknat orang mukmin sama dengan membunuhnya, barang siapa yang membunuh dirinya dengan sesuatu (benda) di dunia, maka pada hari kiamat ia akan di adzab dengan sesuatu (benda) itu pula. (HR. Daromi)

8. Wanita yang gemar atau tukang ziarah kubur
-          Dari Muhammad bin Abdur Rohman dari ibunya Amroh binti Abdur Rohman sesungguhnya ia (Muhammad bin Abdur Rohman) mendengar dari Ibunya. Dia berkata Rasulullah melaknat pencuri laki-laki dan pencuri perempuan yaitu tukang penggali kubur (untuk mencuri mayatnya). (HR. Malik)      
Keterangan: Hadits tersebut mursal, karena sanad berhenti pada Amrah binti abdir Rohman. Padahal dia adalah Tabi’in dan tak pernah bertemu dengan Nabi SAW.
-          Dari Ibnu Abbas berkata: Rasulullah SAW melaknat wanita-wanita tukang berziarah kubur (HR. Ibnu Majah)
-          dari Ibnu Abbas berkata: Rasulullah melaknat perempuan-perempuan peziarah kubur dan (melaknat) orang yang menjadikan kubur sebagai masjid dan sebagai penerang-penerang.

9. Wanita yang meratap
-          Dari Abi Umamah sesungguhnya Rasulullah SAW melaknat perempuan yang mencakar –cakar wajahnya, merobek-robek bajunya dan  memanggil-manggil  dengan ratapan sebab tertimpa musibah.

10. Orang yang menjadikan kuburan sebagai masjid
-          Dari Abu hurairah sesungguhnya Rasulullah bersabda: “Allah melaknat orang Yahudi dan nasrani, mereka menjadikan kubur nabi-nabi mereka sebagai masjid. (HR. Nasa’I)
-          Dari ibnu Abbas berkata: Rasulullah melakanat wanita-wanita penziarah kubur dan orang-orang yang menjadikan kubur sebagai masjid dan sebagai penerang-penerang.

11. Orang yang mencuri
-          Dari Abu hurairah berkata. Rasulullah bersabda:  “Allah melaknat pencuri. yang mencuri telur dipotong tangannya dan yang mencuri unta dipotong tangannya. (HR. Ibnu Majah)

12. Orang yang melaknat orang tuanya
-          Dari Abdullah bin Amr berkata: Rasulullah SAW bersabda: sesungguhnya termasuk dosa besar adalah seseorang yang melaknat dua orang tuanya. Dikatakan Ya Rosulullah, bagaimana seseorang melaknat dua orang tuanya ? beliau bersabda: dia melaknat bapak orang lain maka (orang lain) melaknat bapaknya, dia melaknat ibu orang lain maka (orang lain) melaknat ibunya. (HR. Abu Dawud)

13. Orang yang duduk di tengah majlis
-          Dari Abu Hudzaifah sesungguhnya Rasulullah melaknat orang yang duduk di tengah-tengah majlis (pertemuan). (HR. Abu Dawud)

14. Orang yang bernasab selain bapaknya
-          Dari Anas bin Malik ia berkata, saya mendengar Rasulullah bersabda barang siapa yang mengaku keturunan orang lain selain bapaknya atau bernasab pada selain bapaknya, maka atasnyalah laknat Allah yang (diterima) terus-menerus sampai hari kiamat. (HR. Abu Dawud).

15. Peminum Khomer
-          Dari Abu Alqomah dan Abdur Rohman bin Abdillah, keduanya telah mendengar Ibnu Umar berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Allah melaknat Khomer, peminumnya, yang menuangkannya, p[enjualnya, pembelinya, pemerasnya (pembuatnya), yang menyuruh membuat, yang membawakannya (menghidangkannya)  dan orang yang  dibawakan khomer. (HR. Abu Dawud).

16. Orang yang melaknat kendaraannya
-          Dari Imron bin Husain Sesungguhnya Nabi SAW ketika dalam suatu perjalanan mendengar (kata) kutukan. Beliau bertanya kutukan apa ini ??? Para sahabat berkata: “Wanita ini telah malaknat kendaraannya” maka berkatalah nabi: “Tarulah( yang ada pada kendaraan itu. Sebab ia telah dikutuk”. merekapun menaruh (apa yang ada pada) kendaraan itu. Imron berkata: seakan-akan aku melihat kendaraan itu unta yang warqa’ (bercampur warna hitam putihnya) (HR. Abu Dawud)

17. Orang yang melukis makhluq hidup
-          Dari Ibnu Umar berkata: saya mendengar Rasulullah bersabda: Allah melaknat orang yang melukis binatang (HR. Nasa’I)

18. Orang yang mengacungkan senjata pada temannya.
-          Dari Abu Hurairah ra, dari Rosulullah SAW, beliau bersabda:” barang siapa yang mengacungkan sepotong besi kepada saudaranya, maka Malaikat melaknatnya. Abu Isa (Tirmidzi) berkata -dalam bab yang sama- dari Abu Bakrah dan Aisyah serta Jabir,” Hadits ini Hasan shohih Ghorib. Dan ini digharibkan oleh hadits Kholid al Hadda’ yang diriwayatkan oleh Abu Ayyub dari Muhammad bin Sirin dari Abu Hurairah. Ia tidak memarfu’kannya. Ia menambahkan dalam hadits ini “ meskipun (kepada) saudara ayah dan ibunya”  (HR. Tirmidzi)

19. Orang yang melaknat musim
-          Dari Ibnu Abbas, sesungguhnya ada seseorang melaknat angin di samping Nabi SAW, maka Beliau bersabda: Jangan mengutuk angin. Sesungguhnya ia diperintah. Dan sesungguhnya barang siapa yang melaknat sesuatu padahal ia tidak layak (menerimanya), maka laknat itu kembali pada dirinya (yang melaknat itu). Tirmidzi berkata: ini hadits ghorib, akau tidak mengetahui seorangpun yang menjadi sanad hadits ini melainkan Bisyri bin Umar (HR. Tirmidzi).

20. Orang yang berbuat dan melindungi kejahatan di Madinah
-          Dari Anas Ra, dari Nabi SAW bersabda: “ Madinah adalah bumi yang haram dari itu sampai situ, tidak boleh ditebang pepohonannya, dan tidak boleh berbuat kejahatan di dalamnya. Barang siapa yang berbuat kejahatan, maka atasnyalah laknat Allah, Malaikat dan manusia seluruhnya. (HR. Bukhori)

20 Golongan Yang Dilaknat Allah

Dilaknat Allah, Dilaknat Allah, Dilaknat Allah, Dilaknat Allah

Friday, 2 January 2015

Pacaran Dalam Islam. Boleh kok!

Pacaran Dalam Islam. 

Cinta memang fitrah manusia yang memang sudah seharusnya dipunyai oleh setiap orang. Kebanyakan anak muda salah menerjemahkan cinta hanya kepada lawan jenis yang sebayanya saja atau mungkin dapat diartikan dorongan seksual yang membuatnya cinta kepada lawan jenis. Tapi mereka lupa karena cinta tak hanya kepada lawan jenis karena terdorong seksual, cinta pun menaungi keluarga. Cinta kepada orang tua, kakak, adik dan sebagainya.


Lalu muncul pertanyaan, bolehkah pacaran dalam Islam? Sudah banyak hadis yang diriwayatkan untuk membahas ini dan banyak pula buku-buku diterbitkan hanya untuk membahas pacaran dalam Islam. Lalu bagaimana? Apakah boleh pacaran dalam Islam?
Pacaran Dalam Islam? Memang Boleh!
Jika kita tilik dari segi bahasa, darimana sih kata ‘pacaran’? Ternyata akan kita dapati kata tersebut berasal dari bahasa Jawa yang kata dasarnya ‘pacar’. Pacar adalah suatu jenis bunga berwarna tertentu yang biasanya dipakai/dihancurkan untuk mewarnai kuku pada wanita yang sedang menikah untuk menyambut suaminya pada malam pertamanya. Tapi kita tidak akan membahas ‘pacaran’yang ini.

Dan pacaran yang kita dapati saat ini adalah bermakna memadu cinta dari lawan jenis, saling mengasihi, saling mencintai, saling menyayangi dan melakukan kegiatan layaknya orang yang saling mencinta, seperti gandengan tangan, berdua-duaan. Bagaimana hukum pacaran dalam Islam? Ya, sesuai dengan judul artikel ini : memang boleh! tapi dengan syarat, yaitu dengan dihalalkan terlebih dahulu hubungan mereka dengan cara pernikahan. Pacaran dalam Islam itu sangat dianjurkan terutama setelah halal. Hukum pacaran dalam Islam akan menjadi haram apabila dilakukan sebelum menikah. Sesuai dengan beberapa hadis
“Artinya : Dan janganlah kamu mendekati zina, karena sesungguhnya zina itu adalah faahisah (perbuatan yang keji) dan seburuk-buruk jalan (yang ditempuh oleh seseorang)” [Al-Israa : 32]
Barangsiapa yang percaya kepada Allah dan hari akhir, maka janganlah ia berdua-duaan dengan perempuan yang tidak ada bersamanya seorang muhrimnya karena yang ketiganya di waktu itu adalah setan.”
“Seseorang ditusuk kepalanya dengan jarum besi lebih baik daripada menyentuh wanita yang tidak halal baginya.” Hadits ini diriwayatkan oleh Ar-Ruyani di dalam kitab Musnad-nya (227/2)

Nah, sekedar berdua-duaan saja atau menyentuh saja tidak boleh, apalagi pacaran sebeulum halalnya? Bisa jadi muncul sebuah pertanyaan, saya sudah cinta banget, gimana nih? Itu simpel saja, yaitu halal kan hubungan dengan menikah. Apa yang menahanmu dari sunah rasulallah yang sangat disarankan ini. Soal rezeki? Menyikapi soal rezeki yang dirasa tidak cukup untuk kehidupan rumah tangga ini, Ippho Santosa memberikan perumpamaan “Hidup sendiri-sendiri saja cukup rezekinya, bagaimana jika dua rezeki digabungkan(menikah)? tentu akan lebih besar kan? menikah itu meluaskan rezeki” begitu kira-kira tutur Ippho Santosa. Menikah itu berpahala. Dan yakinlah yang menyediakan rezeki itu bukan manusia tapi Allah SWT.
“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan mengkayakan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) dan Maha Mengetahui.”
(QS. An Nuur (24) : 32).

Begitulah penjelasan pacaran dalam islam yang mulia. yang dimaksud pacaran dalam islam atau pacaran islami adalah pacaran tapi setelah menikah, semoga bermanfaat.

Pacaran Dalam Islam.